Selasa, 08 September 2009

TUGAS 1 PDM

A.1. Kalimat Pernyataan:
  • 10x - 4x = 20x.
  • Semarang terletak di Kalimantan Barat.
  • Kota hujan adalah kota Bandung.
  • Sebagian besar daerah Indonesia berupa perairan.
  • Gula itu rasanya asin.
2. Kalimat Terbuka
  • log x = 0,3
  • Bunga ini tampak begitu indah.
  • Kerjakan tugas ini dendan baik.
  • Gubernur itu seorang yang bijaksana.
  • 3x + 4y = 7

3. Kalimat Perintah
  • Belajarlah yang rajin!
  • Kerjakan tugas matematika itu sekarang!
  • Buanglah sampah pada tempatnya!
  • Selesaikan PR-mu!
  • Tutup jendela itu!

4. Kalimat Tanya
  • Bagaimana keadaanmu hari ini?
  • Siapa nama dosen fisikamu?
  • Dari mana asalmu?
  • Apakah kamu bisa mengendarai sepeda motor?
  • Kapan terakhir kamu ke Jakarta?

5. Kalimat Harapan
  • Semoga hari ini hujan.
  • Semoga panen tahun ini berhasil.
  • Semoga saya bisa lulus dalam 3,5 tahun.
  • Mudah-mudahan saya bisa jadi orang sukses.
  • Semoga kita semua bisa menjadi muslimah yang baik.

6. Kalimat Faktual
  • Siang hari ini terasa sangat panas.
  • Besok ada pembagian sertifikat dari SIGMA.
  • Dua hari lagi, saya akan berulang tahun yang ke-19.
  • Hari ini terjadi gempa di Tasik Malaya.
  • Baru saja terjadi kecelakaan di daerah pantura.

B.1. Kalimat Konjungsi
  1. Pernyataan:
  • Saya menyukai pelajaran matematika dan biologi.
  • Persegi mempunyai 4 sisi kongruen dan besar sudut yang sama.
  • Hobi saya berenang dan bermain voli.
  • Dia tampak lelah dan pucat.
  • Saya tidak ingin pergi ke toko buku dan toko roti.

2. Negasi:
  • Saya tidak menyukai pelajaran matematika atau saya tidak menyukai pelajaran biologi.
  • Persegi tidak mempunyai 4 sisi kongruen atau persegi tidak mempunyai besar sudut yang sama.
  • Hobi saya bukan berenang atau hobi saya bukan bermain voli.
  • Dia tampak tidak lelah atau dia tampak tidak pucat.
  • Saya ingin pergi ke toko buku atau saya ingin pergi ke toko roti.

2. Kalimat Disjungsi
1. Pernyataan:
  • Dia ingin minum teh atau kopi
  • Hari ini kami kuliah pagi atau siang.
  • Dia sedang membaca puisi atau novel.
  • Persegi panjang termasuk jajar genjang atau segi 4.
  • Garis tegak lurus terdiri dari ruas garis tegak atau ruas garis datar.
2. Negasi:
  • Dia tidak ingin minum teh dan dia tidak ingin minum kopi.
  • Hari ini kami tidak kuliah pagi dan kami tidak kuliah siang.
  • Dia tidak sedang membaca puisi dan dia tidak sedang membaca novel.
  • Persegi panjang bukan termasuk jajar genjang dan bukan termasuk segi 4.
  • Garis tegak lurus tidak terdiri dari ruas garis tegak dan ruas garis datar
3. Kalimat Disjungsi Inklusif
  • Pak Ali seorang yang kaya atau rajin bekerja.
  • Presiden Indonesia adalah orang yang adil atau jujur.
  • Dia anak yang malas atau sering terlambat.
  • Segitiga memiliki tiga sisi atau tiga sudut.
  • Rumus keliling persegi adalah 4 x sisi atau sama dengan jumlah keempat sisinya.
4. Kalimat Disjungsi Eksklusif
  • Para mahasiswa itu menggunakan sepatu atau sandal.
  • Rani sedang memakan bakso atau soto.
  • Dia pergi ke kampus dengan menggunakan sepeda atau sepeda motor.
  • Poster di dinding itu bertuliskan ucapan selamat atau duka.
  • Minuman ini terasa panas atau dingin.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar