Senin, 14 September 2009

TUGAS 2 PDM

1a. (pq)r
Pernyataan : Jika x anak yang pintar dan rajin, maka x juara kelas
Invers : (˜p˜q)˜r
Jika x bukan anak yang pintar atau rajin, maka x tidak juara kelas.
Konvers : r(pq)
Jika x juara kelas, maka x anak yang pintar dan rajin.
Kontraposisi : ˜r(˜p˜q)
Jika x tidak juara kelas, maka x bukan anak yang pintar atau rajin.

b. p(qr)
Pernyataan : Jika Andi rajin belajar, maka Andi menjadi pintar dan naik kelas.
Invers : ˜p(˜q˜r)
Jika Andi tidak rajin belajar, maka Andi tidak menjadi pintar atau tidak naik kelas.
Konvers : (qr)p
Jika Andi menjadi pintar dan naik kelas, maka Andi rajin belajar.
Kontraposisi : (˜qr)˜p
Jika Andi tidak menjadi pintar atau tidak naik kelas, maka Andi tidak rajin belajar.

c. ˜p(q˜r)
Pernyataan : Jika saya tidak sarapan, maka saya lapar dan tidak bersemangat.
Invers : p(˜qr)
Jika saya sarapan, maka saya tidak lapar atau bersemangat.
Konvers : (q˜r)˜p
Jika saya lapar dan tidak bersemangat, maka saya tidak sarapan.
Kontraposisi : (˜qr)p
Jika saya tidak lapar atau bersemangat, maka saya sarapan.

d. (p˜q)(qr)
Pernyataan : Jika saya belajar Geometri dasar atau tidak belajar Kalkulus, maka saya belajar kalkulus dan berkonsentrasi.
Invers : (˜pq)(˜q˜r)
Jika saya tidak belajar Geometri Dasar dan belajar Kalkulus, maka saya tidak belajar kalkulus atau tidak berkonsentrasi.
Konvers : (qr)(p˜q)
Jika saya belajar Kalkulus dan berkonsentrasi, maka saya belajar Geometri Dasar atau tidak belajar Kalkulus.
Kontraposisi : (˜q˜r)(˜pq)
Jika saya tidak belajar kalkulus atau tidak berkonsentrasi, maka saya tidak belajar Geometri Dasar dan belajar Kalkulus.

e. (˜q˜r)(˜pq)
Pernyataan : Jika ban mobil tidak kempes dan bensin tidak habis, maka mobil tidak mogok atau ban mobil kempes.
Invers : (qr)(p˜q)
Jika ban mobil kempes atau bensin habis, maka mobil mogok dan ban mobil tidak kempes.
Konvers : (˜pq)(˜q˜r)
Jika mobil tidak mogok atau ban mobil kempes, maka ban mobil tidak kempes dan bensin tidak habis.
Kontraposisi : (p˜q)(qr)
Jika mobil mogok dan ban mobil tidak kempes, maka ban mobil kempes atau bensin habis.

f. (q˜r)(pr)
Pernyataan : Jika matahari bersinar atau turun hujan, amak siang hari panas dan tidak turun hujan.
Invers : (˜qr)(˜p˜r)
Jika matahari tidak bersinar dan tidak turun hujan, maka siang hari tidak panas atau turun hujan.
Konvers : (pr)(q˜r)
Jika siang hari panas dan tidak turun hujan, maka matahari bersinar atau turun hujan.
Kontraposisi : (˜p˜r)(˜qr)
Jika siang hari tidak panas atau turun huajn, maka matahari tidak bersinar dan tidak turun hujan.

2a. Pernyataan : Jika hasil produksi melimpah, maka harganya turun.
Invers : Jika hasil produksi tidak melimpah, maka harganya tidak turun.
Konvers : Jika harga produksi turun, maka hasiul produksi melimpah.
Kontraposisi : Jika harga produksi tidak turun, maka hasil produksi tidak melimpah.

b. Pernyataan : Jika lapangan pekerjaan tidak banyak, maka pengangguran meningkat.
Invers : Jika lapangan pekerjaan banyak, maka pangengguran tidak meningkat.
Konvers : Jika pengangguran meningkat, maka lapangan pekerjaan tidak banyak.
Kontraposisi : Jika pengengguran tidak meningkat, maka lapangan pekerjaan banyak.

c. Pernyataan : Jika ABCD bujur sangkar, maka ABCD segi empat.
Invers : Jika ABCD bukan bujur sangkar, maka ABCD bukan segi empat.
Konvers : Jika ABCD segi empat, maka ABCD bujur sangkar.
Kontraposisi : Jika ABCD bukan segi empat, maka ABCD bukan bujur sangkar.

d. Pernyataan : Jika x > 10, maka x2 > 100
Invers : Jika x10, maka x2 100
Konvers : Jika x2 >100 maka x>10
Kontraposisi : Jiika x2 100 maka x10

e. Pernyataan : Jika x2 -16=0 maka x=4 atau x=-4
Invers : Jika x2 -160 maka x 4 dan x -4
Konvers : Jika x=4 atau x= -4 maka x2 -16=0
Kontraposisi : Jika x4 dan x-4 maka x2 -160

f. Pernyataan : Jika sin x=90°-cos x maka x merupakan sudut lancip.
Invers : Jika sin x90°-cos x maka x bukan merupakan sudut lancip.
Konvers : Jika x merupakan sudut lancip maka sin x=90°-cos x
Kontraposisi : Jika x bukan merupakan sudut lancip maka sin x90°-cos x

g. Pernyataan : Jika tan x=-1 maka x=135° dan x=315°
Invers : Jika tan x-1 maka x135° atau x315°
Konvers : Jika x=135° dan x=315° maka tan x=-1
Kontraposisi : Jika x135° atau x315° maka tan x-1

3 komentar:

  1. sip. Kalau bisa tanda implikasinya pakai yang double.

    BalasHapus
  2. Implikasi double menggunakan ⇒
    Rasanya Saudara menggunakan →
    Perhatikan bahwa huruf a pada arr berbeda dengan Arr. Selamat mencoba.

    oya negasi yang disarankan adalah menggunakan ¬

    Selamat bekerja.

    BalasHapus
  3. terima kasih pak,,,,atas kritik dan sarannya.....
    Kami akan berusaha lebih baik.^_^

    BalasHapus